PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU DI SMK N 1 MAS UBUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh pemberdayaan psikologis terhadap komitmen organisasional, 2) Menganalisis pengaruh pemberdayaan psikologis terhadap kepuasan kerja, 3) Menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, dan 4) Menganalisis pengaruh tidak langsung pemberdayaan psikologis terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 78 guru SMK N 1 Mas Ubud. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuisoner dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Pemberdayaan psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional, 2) Pemberdayaan psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, 3) Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional, dan 4) Pemberdayaan psikologis berpengaruh positif signifikan secara tidak langsung terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja.