PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA AGEN PEMASARAN ASURANSI EQUITY LIFE INDONESIA CABANG RENON DENPASAR
Abstract
Pemasaran melalui agen memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perusahaan asuransi Equity Life Indonesia Cabang Renon Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy dan motivasi berprestasi terhadap kinerja agen pemasaran asuransi Equity Life Indonesia Cabang Renon Denpasar. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah explanatory dengan menggunakan tiga variabel yaitu self efficacy, motivasi berprestasi dan kinerja. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 40 responden agen pemasaran. Teknik analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian pada variabel self efficacy terhadap kinerja menunjukkan sig. 0,02, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima yang berarti self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja agen pemasaran. Pada variabel motivasi berprestasi terhadap kinerja menunjukkan nilai sig. 0,00 sehingga hipotesis alternatif (H2) diterima yang artinya motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja agen pemasaran asuransi Equity Life Indonesia cabang Renon Denpasar.