KEMAMPUAN KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN MEMODERASI PENGARUH KAPASITAS SDM DAN PENERAPAN SIKD PADA KUALITAS LKPD KABUPATEN KARANGASEM

  • I Gusti Lanang Suarmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Dewa Gede Dharma Suputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian untuk memperoleh bukti empiris tentang kemampuan komitmen organisasi dan sistem pengendalian intern memoderasi pengaruh kapasitas sumber daya manusia dan penerapan sistem informasi keuangan daerah pada kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Karangasem. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria SKPD yang berfungsi sebagai entitas akuntansi dan SKPD yang bertugas menkonsolidasi laporan keuangan seluruh SKPD menjadi laporan keuangan pemerintah daerah. Analisis regresi moderasi menggunakan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian membuktikan bahwa komitmen organisasi memoderasi pengaruh kapasitas SDM dan penerapan SIKD pada  kualitas LKPD Kabupaten Karangasem. Sedangkan sistem pengendalian intern memoderasi pengaruh kapasitas SDM pada kualitas LKPD Kabupaten Karangasem. Namun sistem pengendalian intern tidak memoderasi pengaruh penerapan SIKD pada kualitas LKPD Kabupaten Karangasem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-19
How to Cite
SUARMIKA, I Gusti Lanang; SUPUTRA, I Dewa Gede Dharma. KEMAMPUAN KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN MEMODERASI PENGARUH KAPASITAS SDM DAN PENERAPAN SIKD PADA KUALITAS LKPD KABUPATEN KARANGASEM. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], nov. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/20205>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kapasitas SDM, penerapan SIKD, komitmen organisasi, sistem pengendalian intern, kualitas laporan keuangan