LOCUS OF CONTROL SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK

  • Dwi Anggreni Sukarma Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Dewa Gede Wirama Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kepatuhan wajib pajak Bumi dan Bangunan Perdesaandan Perkotaan (PBB-P2) sehingga menimbulkan pendapatan daerah yang berasal dari pajakdaerah tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitaspelayanan dan sanksi perpajakan pada kepatuhan wajib pajak PBB-P2 serta pengaruh kontijensilocus of control. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Tabanan dengan responden wajib pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan sejumlah 399 yang ditetapkan dengan rumusSlovin dan ditentukan menggunakan Proporsional Stratified Random Sampling. Metodeanalisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan berpengaruh positif pada kepatuhan wajib pajak PBB-P2. Sanksi perpajakan berpengaruh positif padakepatuhan wajib pajak terutama untuk wajib pajak yang memiliki locus of control eksternal,namun locus of control tidak memoderasi pengaruh kualitas pelayanan pada kepatuhan wajibpajak PBB-P2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-25
How to Cite
SUKARMA, Dwi Anggreni; WIRAMA, Dewa Gede. LOCUS OF CONTROL SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], july 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/18237>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

kepatuhan, kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, locus of control