PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN UTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada BUMN Non Keuangan Yang Go Public Di Indonesia)

  • I Nyoman Suarmita Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh manajemen laba pada nilai perusahaan, 2) untuk mengetahui pengaruh utang pada nilai perusahaan, 3) untuk mengetahui pengaruh  GCG pada nilai perusahaan, 4) untuk mengetahui kemampuan GCG memoderasi pengaruh manajemen laba pada nilai perusahaan dan 5) untuk mengetahui kemampuan GCG memoderasi pengaruh utang pada nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah BUMN non keuangan yang go public tahun 2009 s/d 2013. Jumlah populasi sebanyak 64 perusahaan yang dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan uji kelayakan model (koefisien determinasi, uji F dan uji t). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan uji residual. Berdasarkan hasil analisis diperoleh manajemen laba berpengaruh negatif pada nilai perusahaan, utang berpengaruh negatif pada nilai perusahaan, GCG tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, GCG memperlemah pengaruh negatif manajemen laba pada nilai perusahaan dan GCG memperlemah pengaruh negatif utang pada nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-23
How to Cite
SUARMITA, I Nyoman. PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN UTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada BUMN Non Keuangan Yang Go Public Di Indonesia). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/16981>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles

Keywords

nilai perusahaan, manajemen laba, utang dan GCG.