ANTARA INOVASI DAN KOLABORASI: PERAN MEDIASI ENTREPRENEURIAL MARKETING PADA UMKM PARIWISATA KREATIF DI BALI

  • Putu Dyah Permatha Korry Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional, Bali, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal kewirausahaan yang terdiri dari modal manusia, sosial, dan simbolik terhadap kemampuan kolaboratif UMKM, baik secara langsung maupun melalui peran mediasi entrepreneurial marketing (EM). Studi ini dilakukan pada pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Bali yang menghadapi tantangan dinamisitas pasar, keterbatasan sumber daya, dan tekanan keberlanjutan. Dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), ditemukan bahwa modal manusia dan simbolik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaboratif, sementara modal sosial tidak. Di sisi lain, hanya modal sosial yang berpengaruh signifikan terhadap EM, sedangkan modal manusia dan simbolik tidak. Temuan menarik dari penelitian ini adalah EM justru memiliki pengaruh negatif terhadap kemampuan kolaboratif dan memediasi secara negatif hubungan antara modal simbolik dan kolaborasi. Hasil ini menunjukkan bahwa orientasi promosi individual berbasis simbolik dapat menghambat kerja sama strategis. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan mengintegrasikan teori modal kewirausahaan dan kapabilitas dinamis dalam konteks kolaborasi UMKM, serta menawarkan implikasi praktis dalam merancang strategi pemberdayaan usaha berbasis budaya lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-31
How to Cite
PERMATHA KORRY, Putu Dyah. ANTARA INOVASI DAN KOLABORASI: PERAN MEDIASI ENTREPRENEURIAL MARKETING PADA UMKM PARIWISATA KREATIF DI BALI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1063-1078, july 2025. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/128968>. Date accessed: 14 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2025.v14.i07.p11.
Section
Articles