OVERCONFIDENCE, LOSS AVERSION, DAN DISPOSITION EFFECT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI: PERAN MODERASI ROBO ADVISOR
Abstract
Era digital penggunaan robo advisor menjadi semakin relevan karena berpotensi membantu investor yang rentan terhadap bias perilaku untuk mengambil keputusan investasi yang lebih rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh overconfidence, loss aversion, dan disposition effect terhadap keputusan investasi, serta mengeksplorasi bagaimana robo advisor memoderasi bias tersebut terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi penelitian adalah investor yang menggunakan layanan robo advisor dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal Indonesia dengan total sampel sebanyak 197 responden yang diperoleh dengan metode convenience sampling. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa overconfidence, loss aversion, dan disposition effect berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa robo advisor secara signifikan memoderasi pengaruh overconfidence dan disposition effect terhadap keputusan investasi, tetapi peran moderasi robo advisor tidak terbukti dalam hubungan antara loss aversion dan keputusan investasi. Penelitian ini menegaskan pengaruh bias perilaku terhadap keputusan investasi dan peran robo advisor dalam mengelola bias perilaku. Implikasi praktisnya mendorong investor untuk memanfaatkan teknologi seperti robo advisor guna memitigasi bias perilaku.