PERILAKU KONSUMSI RAMAH LINGKUNGAN: GREEN AWARENESS DAN SOCIAL RESPONSIBILITY DIMODERASI GREEN PRODUCT KNOWLEDGE
Abstract
Salah satu alasan utama dari masalah lingkungan adalah meningkatnya volume sampah plastik. Di lingkungan mahasiswa khususnya di Universitas Negeri Semarang (UNNES), masih ditemukan kurangnya pemahaman mengenai produk ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green awareness dan social responsibility terhadap konsumsi produk ramah lingkungan dengan green product knowledge sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada 397 mahasiswa Universitas Negeri Semarang pada tahun ajaran 2021-2024 dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software SPSS 22. Temuan penelitian menunjukkan bahwa green awareness dan social responsibility tidak berpengaruh pada konsumsi ramah lingkungan, tetapi dengan adanya variabel green product knowledge secara signifikan dapat memoderasi efek dari kedua variabel tersebut. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada perilaku konsumsi mahasiswa di satu kampus. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi perilaku konsumsi di universitas lain.