PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PELATIHAN TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL PADA BANK PEREKNOMIAN RAKYAT (BPR)

  • Bagas Haris Prasetyo Universitas Udayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Dodik Ariyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas sistem, informasi, layanan, dan pelatihan terhadap kinerja individu di Bank Perekonomian Rakyat (BPR), dengan menerapkan model keberhasilan DeLone & McLean. Penelitian dilakukan di seluruh BPR di kota Denpasar, dan data yang digunakan berupa respons dari kuesioner yang diisi oleh para responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 85 responden yang memanfaatkan sistem informasi akuntansi di BPR Denpasar. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas informasi dan layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu, sedangkan kualitas sistem dan pelatihan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja individu. Hasil ini dapat menjadi referensi bagi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dalam mempertimbangkan aspek kualitas sistem, informasi, layanan, dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja individu di BPR.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-28
How to Cite
PRASETYO, Bagas Haris; ARIYANTO, Dodik. PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PELATIHAN TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL PADA BANK PEREKNOMIAN RAKYAT (BPR). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 146-160, feb. 2025. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/120220>. Date accessed: 09 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2025.v14.i02.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)