PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PELATIHAN TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL PADA BANK PEREKNOMIAN RAKYAT (BPR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas sistem, informasi, layanan, dan pelatihan terhadap kinerja individu di Bank Perekonomian Rakyat (BPR), dengan menerapkan model keberhasilan DeLone & McLean. Penelitian dilakukan di seluruh BPR di kota Denpasar, dan data yang digunakan berupa respons dari kuesioner yang diisi oleh para responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 85 responden yang memanfaatkan sistem informasi akuntansi di BPR Denpasar. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas informasi dan layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja individu, sedangkan kualitas sistem dan pelatihan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja individu. Hasil ini dapat menjadi referensi bagi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dalam mempertimbangkan aspek kualitas sistem, informasi, layanan, dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja individu di BPR.