POSITIVE ELECTRONIC WORD OF MOUTH: PENGARUH PEMBERIAN E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN MCDONALD’S MASA BOIKOT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh pemberian media bacaan berupa positive electronic word of mouth dengan situasi netral terkait pemberitaan McDonald’s. Penelitian ini menguji pemberian positif eWOM mampu menaikkan minat beli konsumen terhadap brand McDonald’sdi Kota Malang dengan karakteristik tertentu. Penelitian ini melibatkan 100 orang partisan dengan jenis penelitian non-equivalent posttest only. Partisipan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok eksperimen diberikan pemberitaan positif dan pada kelompok kontrol diberikan pemberitaan situasi netral terkait brand McDonald’s. Instrumen yang digunakan merupakan skala purchase intentions yang telah diadaptasi berisi 5 aitem yang telah dinyatakan valid. Analisis data menggunakan uji instrumen dan uji non-parametrik (uji mann-whitney). Hasil uji mann whitney menemukan adanya perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok Asymp.Sig (2-tailed)) 0,001<0,05. Artinya, kelompok yang diberikan pemberitaan positif (kelompok eksperimen) mengalami perubahan yang lebih besar dalam minat beli brand terhadap brand McDonald’s dibandingkan dengan kelompok yang diberikan perlakuan netral eWOM(kelompok kontrol).