PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DI KALANGAN GEN Z BERDASARKAN LITERASI KEUANGAN, HERDING BEHAVIOR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL
Abstract
Investasi menjadi bagian penting dalam perencanaan keuangan pribadi di kalangan Generasi Z, terutama dengan kemudahan akses digital. Namun, rendahnya literasi keuangan serta pengaruh lingkungan sosial dan perilaku berkelompok dapat memengaruhi keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak faktor-faktor tersebut terhadap keputusan investasi Generasi Z di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal, dengan populasi yang terdiri dari 105.786 orang Gen Z yang tinggal di Kota Mataram. Kuesioner daring disebarkan kepada 162 responden yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3 dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan lingkungan sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi Gen Z di Kota Mataram. Sementara itu, perilaku herding tidak memengaruhi keputusan investasi yang diambil oleh Gen Z.