TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN HAUS! INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN SAAT MARAKNYA AKSI BOIKOT
Abstract
Haus! Indonesia menyajikan makanan danĀ minuman yang bervariasi, namun dalam menyajikan suatu menu terdapat bahan baku menggunakan produk yang tengah ramai diboikot saat ini sehingga hal ini menjadi tantangan bagi Haus! Indonesia untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Kepercayaan dan keterlibatan konsumemn melalui tanggung jawab sosial perusahaan menjadi upaya bagi Haus! Indonesia. Studi ini bertujuan menguji peran tanggung jawab sosial perusahaan dalam memediasi untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 104 responden. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM PLS meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji pengaruh langsung, dan uji mediasi. Hasilnya kepercayaan konsumen, keterlibatan konsumen secara langsung dan positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, tanggung jawab sosial perusahaan. Temuan terbaru kami bahwa tanggung jawab perusahaan tidak memediasi kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen namun memediasi keterlibatan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Kesimpulannya bahwa untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Haus! Indonesia perlu melakukan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mengurangi risiko dari menggunakan bahan baku yang diboikot.