GREEN BRAND TRUST MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP GREEN PURCHASE DECISION

  • I Gusti Ngurah Satya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gede Nandya Oktora Panasea Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui peranan kepercayaan merek hijau sebagai mediator efek pemasaran hijau terhadap green purchase decision (studi pada konsumen Minyak Oles Bokashi di kota Denpasar). Denpasar dipilih sebagai lokasi pelaksanaan riset. Ukuran sampel dalam penelitian terdiri dari 120 responden, dipilih menggunakan metode nonprobability sampling dengan purposive sampling technique. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrumen melalui google formulir. Prosedur analisis data meliputi pengujian asumsi klasik, analisis path, sobel test dan VAF test. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya semua hipotesis diterima. Dalam hal ini, green marketing mempengaruhi keputusan green purchase dan kepercayaan brand hijau secara positif dan signifikan, kepercayaan brand hijau mempengaruhi keputusan green purchase secara positif dan signifikan, dan kepercayaan brand hijau berperan sebagai pemediasi pengaruh pemasaran hijau terhadap green purchase decision secara positif dan signifikan dengan efek mediasi parsial. Hasil ini menyimpulkan bahwasannya peningkatan kepercayaan brand hijau yang tercipta dari peningkatan green marketing akan meningkatkan green purchase decision konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-30
How to Cite
SATYA, I Gusti Ngurah; PANASEA, I Gede Nandya Oktora. GREEN BRAND TRUST MEMEDIASI PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP GREEN PURCHASE DECISION. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1806-1815, sep. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/117396>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i09.p04.
Section
Articles