DETERMINAN BELANJA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong perubahan perilaku masyarakat saat ini yang kian gemar berbelanja online melalui e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap keputusan menggunakan aplikasi Tokopedia yang dimediasi oleh kepercayaan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Udayana dengan total sampel yang digunakan adalah sebanyak 105 sampel yang ditentukan menggunakan metode penentuan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menguji data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan, persepsi manfaat dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Secara teoritis hasil penelitian ini mendukung penelitian terdahulu dan juga dapat menambah kajian empiris. Secara praktis hasil penelitian dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengevaluasi layanan aplikasinya dengan memperhatikan pola perilaku pengguna dalam hal persepsi kemudahan dan persepsi manfaat yang dapat menumbuhkan kepercayaan sehingga dapat meningkatkan pengguna aplikasi Tokopedia.