PENGARUH CITRA MEREK DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LAZADA MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN
Abstract
Bersaing dalam pemasaran online memaksa perusahaan memiliki citra merek yang baik untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana citra merek dan brand ambassador mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada platform perdagangan elektronik Lazada melalui kepercayaan konsumen. Sampel yang digunakan adalah 384 dari 4.445 mahasiswa Universitas Djuanda. Mahasiswa yang terpilih adalah konsumen Lazada yang telah melakukan transaksi minimal dua kali. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah proporsional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen kuesioner dan dianalisis dengan Analisis Jalur, uji t-statistik, dan uji Sobel yang dibantu oleh perangkat lunak SPSS. Berdasarkan hasil uji, dapat disimpulkan bahwa secara langsung variabel citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, variabel brand ambassador juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand ambassador juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan konsumen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan konsumen mampu menjadi mediator hubungan antara citra merek dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian.