PENGARUH PHILANTHROPY DISCLOSURE PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Dewa Ayu Anggi Isyana Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gst Ayu Eka Damayanthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Nilai perusahaan menggambarkan pandangan investor mengenai keberhasilan suatu entitas direpresentasikan oleh harga saham yang terbentuk dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kebanyakan perusahaan hanya mementingkan aspek ekonomi tanpa mengidahkan aspek sosial dan lingkungan. Studi ini dilakukan guna mendapatkan bukti empiris berkaitan dengan pengaruh philanthropy disclosure pada nilai perusahaan dengan variabel moderasi berupa ukuran perusahaan, menggunakan data dari perusahaan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2020-2022. Sebanyak 59 perusahaan terpilih sebagai sampel dengan total 177 pengamatan melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui Uji Nilai Selisih Mutlak menggunakan aplikasi Eviews. Studi ini menemukan philanthropy disclosure memiliki pengaruh positif signifikan pada nilai perusahaan. Selain itu, dampak philanthropy disclosure pada nilai perusahaan dapat diperkuat oleh ukuran perusahaan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan penerapan teori sinyal serta menawarkan manfaat kepada pihak-pihak yang berkepentingan khususnya perusahaan dan investor berkaitan dengan philanthropy disclosure dan ukuran perusahaan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-30
How to Cite
DEWI, Dewa Ayu Anggi Isyana; DAMAYANTHI, I Gst Ayu Eka. PENGARUH PHILANTHROPY DISCLOSURE PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 2181-2190, oct. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/116271>. Date accessed: 08 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i10.p18.
Section
Articles