THE EFFECT OF CUSTOMER KNOWLEDGE AND PRODUCT UNIQUENESS ON PURCHASE INTENTION OF FASHION NFT

  • I Gusti Putu Aditya Saputra University of Indonesia
  • Imam Salehudin University of Indonesia

Abstract

Non Fungible Token (NFT) yang merupakan salah satu aset digital, kini mulai banyak digunakan oleh brand dalam strategi pemasaran mereka untuk lebih dekat dengan konsumen generasi muda. Teknologi baru ini dapat menjembatani antara dunia digital dengan produk fisik dan membentuk komunitas bagi brand. Popularitas dari NFT sendiri meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena trend cryptocurrency dan pembelian NFT oleh celebrity. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan customer knowledge dan product uniqueness terhadap purchase intention pada produk fashion NFT. Penelitian ini dilakukan pada 307 responden di Indonesia yang mengetahui mengenai fashion NFT dan brand yang memiliki produk tersebut. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan hubungan positif dan signifikan antara customer knowledge dan product uniqueness dengan purchase intention. Selain itu, product uniqueness ditemukan dapat memediasi hubungan antara customer knowledge denganĀ  purchase intention. Hasil dari penemuan pada penelitian ini memiliki implikasi untuk mengembangkan NFT dan brand lebih efektif, baik secara teori maupun praktik ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-31
How to Cite
SAPUTRA, I Gusti Putu Aditya; SALEHUDIN, Imam. THE EFFECT OF CUSTOMER KNOWLEDGE AND PRODUCT UNIQUENESS ON PURCHASE INTENTION OF FASHION NFT. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1538-1548, aug. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/116183>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i08.p01.
Section
Articles