PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE PADA NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Tujuan jangka panjang perusahaan adalah mensejahterakan para pemegang saham dengan meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan ESG, aspek environmental, aspek social, dan aspek governance pada nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yakni perusahaan yang memiliki penilaian skor ESG di Thomson Reuters dengan jumlah sampel sebanyak 150 amatan.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan ESG tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Masing- masing aspek ESG menunjukkan hasil yang berbeda, pengungkapan aspek environmental, dan aspek governance tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, sedangkan pengungkapan aspek social berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis terkait teori stakeholders bahwa dengan melakukan pengungkapan aspek social yang baik, perusahaan dapat membangun hubungan positif dan mendapat kepercayaan dari para stakeholders yang dapat meningkatkan reputasi perusahaan sehingga nilai perusahaan meningkat. Implikasi praktis penelitian ini yakni investor cenderung merespon perusahaan yang mengungkapkan aspek social.