PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP REPUTASI DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan intellectual capital terhadap reputasi dan kinerja keuangan perusahaan di pasar modal Indonesia, yaitu pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini diharapkan akan memberikan wawasan kepada perusahaan untuk menciptakan reputasi perusahaan dan meningkatkan kinerja keuangan dengan memperhatikan penerapan CSR dan pengelolaan intellectual capital yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori mengenai hubungan antara CSR, intellectual capital, reputasi perusahaan dan kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling method. Perusahaan-perusahaan yang termasuk ke dalam sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang selalu terdaftar di BEI tahun 2018 sampai 2021, menerbitkan laporan keuangan dan terdaftar pada IMACAWARD, sehingga sampel akhir berjumlah 32 perusahaan. Berdasarkan hasil analisis regresi dan uji mediasi, dapat disimpulkan bahwa variabel CSR berpengaruh positif signifikan terhadap Reputasi Perusahaan. Variabel Intellectual Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Reputasi Perusahaan. Variabel CSR dan Reputasi Perusahaan ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan perusahaan. Intellectual Capital ditemukan berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Variabel Reputasi Perusahaan ditemukan tidak mampu memediasi hubungan antara CSR dan Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan.