ANALISIS OPEN INNOVATION DITINJAU DARI PERSPEKTIF RESOURCE BASED VIEW (RBV) THEORY
Abstract
Perusahaan mengadopsi inovasi terbuka (open innovation) untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Tingkat keterbukaan UMKM, yang sumber daya dan kapasitasnya berbeda dari perusahaan besar, masih kurang terwakili dan kurang mendapat perhatian. Teori Resource-Based View (RBV) Theory menyatakan bahwa sumber daya yang unik dan langka menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis open innovation, berdasarkan human capital, knowledge sharing, social media dan dampaknya terhadap business performance ditinjau dari perspektif Resource-Based View Theory. Sampel sebanyak 162 responden pelaku UMKM yang ada di Kota Padang. Teknik penentuan sample berupa purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan model teknik analisis data structural equation modeling (SEM) dengan smartPLS. Temuan dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan human capital dan social media terhadap open innovation, sedangkan knowledge sharing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap open innovation. Selain itu, open innovation berhasil memediasi hubungan antara human capital terhadap business performance. Tetapi tidak berhasil memediasi hubungan antara knowledge sharing dan social media terhadap business performance. Penelitian ini diharapkan bisa dimanfaatkan bagi pelaku usaha dalam menentukan kebijakan untuk berinovasi serta meningkatkan kinerja UMKM pada masa yang akan datang.