PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan risiko bisnis terhadap struktur modal dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini merupakan seluruh perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 yang berjumlah 49 perusahaan dengan menggunakan sampel jenuh sebagai penentuan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi non participant. Data yang memiliki nilai ekstrim atau outlier diperoleh sebanyak 29 perusahaan dengan waktu pengamatan selama tiga tahun, sehingga diperoleh sebanyak 87 pengamatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal, sedangkan risiko bisnis berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal, sedangkan profitabilitas mampu memoderasi pengaruh risiko bisnis terhadap struktur modal. Implikasi penelitian ini adalah mampu memberikan bukti empiris dan mampu memberikan informasi kepada perusahaan dengan memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi struktur modal.