PENGARUH KAIZEN COSTING DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF TERHADAP KEBERLANJUTAN UMKM
Abstract
UMKM adalah sebuah usaha ataupun bisnis yang berperan dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Sebuah usaha dikatakan berhasil jika mampu mencapai keberlanjutan. Beberapa faktor yang dinilai dapat memengaruhi suatu keberlanjutan usaha adalah penerapan kaizen costing dan keunggulan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh kaizen costing dan keunggulan kompetitif terhadap keberlanjutan. Sebanyak 72 responden menjadi jumlah sampel keseluruhan dalam penelitian ini, yang dilakukan di UMKM Ayam Geprek di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuisioner sebagai metode pengumpulan data dan didistribusikan melalui penggunaan google form. Penelitian ini menggunakan SPPS versi 18 sebagai alat analisis dan regresi linear berganda sebagai teknik analisis data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kaizen costing tidak berpengaruh terhadap keberlanjutan UMKM. Sedangkan keunggulan kompetitif berpengaruh terhadap keberlanjutan pada UMKM. Implikasi dari penelitian ini adalah kaizen costing, sebagai pendekatan yang menekankan perbaikan terus-menerus dalam proses operasional, dapat menghasilkan efisiensi yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan. Begitu pula dengan keunggulan kompetitif dapat berperan sebagai pendorong utama dalam pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan.