INTERVENSI PEMASARAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN NIAT BERWIRAUSAHA HIJAU DI KALANGAN MAHASISWA DI BALI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya niat berwirausaha hijau di kalangan mahasiswa di Bali. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis intervensi pemasaran sosial melalui pendidikan kewirausahaan dan dukungan infrastruktur kelembagaan dalam meningkatkan niat berwirausaha hijau di kalangan mahasiswa di Bali. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuesioner pada mahasiswa di Bali. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurship education berpengaruh positif dan signifikan terhadap green entrepreneurial intention. Entrepreneurship education berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward behavior, subjective norm, dan perceived behavioral control. Attitude toward behavior, subjective norm, dan perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap green entrepreneurial intention. Institutional infrastructure support secara positif dan signifikan memoderasi pengaruh attitude toward behavior, subjective norm, perceived behavioral control terhadap green entrepreneurial intention. Implikasi penelitian ini secara teoretis adalah menguatkan Theory of Planned Behavior dan Social Marketing sebagai teori yang handal untuk menjelaskan dan memprediksi pembentukan perilaku kewirausahaan hijau di kalangan mahasiswa.