PHYSICAL ATTRACTIVENESS BEAUTY INFLUENCER PADA INTERAKSI PARASOSIAL: APAKAH MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION FOLLOWER?

Abstract

Permintaan akan produk kecantikan di Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini akhirnya mendorong konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai produk yang akan dibelinya salah satunya melalui rekomendasi Influencer kecantikan di Instagram, mengingat platform media social tersebut menyajikan banyak konten rekomendasi dari Influencer kecantikan. Namun kenyataannya, hubungan yang terjalin antara pengikut dan Influencer ini ternyata belum berhasil secara maksimal meyakinkan pengikutnya untuk membeli produk yang diulas atau direkomendasikan. Berangkat dari fenomena ini, penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh interaksi parasosial terhadap niat pembelian followers dari Influencer tersebut dan implikasinya. Penelitian ini menyajikan empat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik sosial dan keahlian dari beauty Influencer memengaruhi interaksi parasosial dan interaksi parasosial memengaruhi niat pengikut untuk membeli produk kecantikan dalam jangka panjang. Namun, daya tarik fisik dari beauty Influencer tidak terbukti berpengaruh pada interaksi parasosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
PALUPI, Inten; KURNIAWATI, Kurniawati; MASNITA, Yolanda. PHYSICAL ATTRACTIVENESS BEAUTY INFLUENCER PADA INTERAKSI PARASOSIAL: APAKAH MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION FOLLOWER?. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 65-76, jan. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/104030>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i01.p06.
Section
Articles