SAMSAT DRIVE THRU MEMODERASI PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM PERPAJAKAN DAN KEPUASAN LAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK
Abstract
Rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak merupakan masalah dalam proses pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas sistem perpajakan dan kepuasan layanan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dengan Samsat Drive Thru sebagai variabel moderasi di Kantor Bersama Samsat Tabanan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang ditentukan melalui metode accidental sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara langsung, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan moderated regression analysis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa efektivitas sistem perpajakan dan kepuasan layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Hasil moderated regression analysis menunjukkan bahwa Samsat Drive Thru tidak memoderasi pengaruh efektivitas sistem perpajakan dan kepuasan layanan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Kantor Bersama Samsat Tabanan disarankan lebih menggencarkan sosialisasi mengenai Pajak Kendaraan Bermotor, khususnya mengenai layanan Samsat Drive Thru. Penelitian ini hanya dilakukan di Kantor Bersama Samsat Tabanan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas jangkauan penelitian sehingga mendapat hasil penelitian yang lebih baik.