OPTIMALISASI PELAYANAN BAGIAN TELLER DENGAN METODE ANTRIAN PADA GERAI SAMSAT NUSA DUA
Abstract
Sistem Administrasi Menunggal Satu Atap (SAMSAT) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk melayani masyarakat dalam proses pembayaran pajak kendaraan. Antrian merupakan proses terbentuk ketika kedatangan pelanggan melebihi jumlah fasilitas yang melayani, sehingga ketika suatu sistem mengalami kemacetan maka dikatakan mengandung antrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pelayanan dan sistem antrian yang optimal pada Gerai SAMSAT Nusa Dua Jl. Bypass Nusa Dua, Badung, Bali. Jumlah sampel yang diambil 55 responden yang dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling yang dipandang sebagai sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan model tipe antrian yang digunakan oleh Gerai SAMSAT Nusa Dua merupakan jenis antrian Single Channel – Multi Phase. Selain itu, hasil analisis juga mendapatkan bahwa pola pelayanan pada wajib pajak tidak berdistribusi eksponensial dengan nilai 0,000 dan pola kedatangan wajib pajak berdistribusi poisson dengan nilai 0,433. Jumlah total kedatangan wajib pajak per satuan waktu (? (adalah 7 pelanggan/jam dan nilai total ratarata jumlah wajib pajak dilayani per satuan waktu (µ) adalah 3 pelanggan/jam serta perhitungan 5 server pelayanan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kinerja teller Gerai SAMSAT Nusa Dua belum optimal.