PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, SOSIALISASI PAJAK, DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP KESADARAN PAJAK MAHASISWA PELAKU USAHA
Abstract
Dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak, kementerian keuangan bersama Direktorat Jenderal Pajak saat ini mengajak para generasi muda khususnya mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman dan kesadarannya terhadap pajak. Hal ini menyasar pada mahasiswa karena dilihat dari fenomena yang ada terjadi peningkatan pelaku-pelaku usaha muda dari kalangan mahasiswa, sehingga diperlukan tuntunan bagi mahasiswa untuk menyadari kewajiban pajaknya sejak dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman pajak, sosialisasi pajak, dan norma subjektif terhadap kesadaran pajak mahasiswa pelaku usaha. Penelitian ini dilakukan pada Komunitas Wida Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan metode penarikan sampel jenuh sejumlah 43 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar secara daring melalui google form. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pajak dan sosialisasi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran pajak mahasiswa pelaku usaha. Namun, variabel norma subjektif yang dikategorikan menjadi keluarga, dosen, dan kerabat tidak memiliki peran dalam memengaruhi tingkat kesadaran pajak mahasiswa pelaku usaha.