PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERSISTENSI LABA PADA EARNING RESPONSE COEFFICIENT

  • Made Ariadi Sudarmayasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Maria Mediatrix Ratna Sari

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui dampak profitabilitas, leverage dan persistensi laba pada Earning Response Coefficient (ERC). Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2021. Data dikumpulkan melalui metode observasi non-partisipan. Metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel, yang terdiri dari 39 perusahaan dan 156 sampel observasi. Uji analisis regresi linear berganda digunakan untuk melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas mempengaruhi ERC secara negatif, sementara leverage dan persistensi laba tidak mempengaruhi ERC.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-31
How to Cite
SUDARMAYASA, Made Ariadi; RATNA SARI, Maria Mediatrix. PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERSISTENSI LABA PADA EARNING RESPONSE COEFFICIENT. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1592-1603, aug. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/100873>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i08.p05.
Section
Articles