PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI REPUTASI TERHADAP NIAT PENGGUNAAN APLIKASI INVESTASI BIBIT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi reputasi pada niat penggunaan aplikasi investasi Bibit. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2019 sampai 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pendakatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar pada responden mahasiswa Universitas Udayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis pengguna aplikasi Bibit yang dibuat oleh PT. Bibit Maju Bersama. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan cara daring melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan variabel berpengaruh positif secara simultan, secara parsial variabel persepsi reputasi tidak signifikan. Hasil penelitian persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi reputasi konsisten berpengaruh positif kepada niat penggunaan aplikasi. Dalam penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan menambahkan variabel-variabel lain yang mempengaruhi niat penggunaan aplikasi Bibit, menambahkan variasi aplikasi yang digunakan, dan lebih memperluas jangkauan responden.