DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN: KAJIAN EMPIRIS PERUSAHAAN SUB-SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Perusahaan didirikan dengan tujuan memaksimalkan kemakmuran pemilik perusahaan atau pemegang saham yang tercermin dari nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, likuiditas, struktur modal, dan economic value added terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk asosiatif, yang dilakukan pada perusahaan sub-sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2021. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah pendekatan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan dengan 250 amatan. Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas, struktur modal, dan economic value added berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan likuiditas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.