ANALISIS LITERASI INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS WARMADEWA

  • Kadek Lianna Sri Wahyuni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • I Putu Suhartika
  • Ni Putu Premierita Haryanti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis literasi informasi mahasiswa Universitas Warmadewa dengan model The Seven Pillars of Information Literacy. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap mahasiswa aktif serta pustakawan di lingkungan Universitas Warmadewa. Model Seven Pillars digunakan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam tujuh aspek utama literasi informasi, yaitu Identify, Scope, Plan, Gather, Evaluate, Manage, dan Present. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa mahasiswa Universitas Warmadewa telah memiliki kemampuan yang cukup baik dalam beberapa pilar literasi informasi, khususnya pada aspek Identify, Scope, Gather, dan Present. Namun, keterampilan dalam mengevaluasi kredibilitas sumber (Evaluate) dan mengelola informasi secara sistematis (Manage) masih perlu ditingkatkan. Adapun faktor pendukung yang ditemukan meliputi keberadaan fasilitas perpustakaan digital, katalog online, serta bimbingan dari pustakawan. Di sisi lain, keterbatasan program literasi informasi yang terstruktur dan kurangnya pelatihan khusus menjadi hambatan utama. Disarankan agar pihak perpustakaan dan institusi pendidikan lebih aktif dalam menyusun program literasi informasi yang berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almah, H. (2018). Urgensi Literasi
Informasi (Information Literacy) Dalam Era Globalisasi: Perpustakaan, Masyarakat, Dan Peradaban. Jurnal Komunika, 2(1), 49. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/komunika/article/view/4756
Gardito, Q., & Fauziah, K. (2018).
Analysis of strategy for meeting students’ information needs in the digital era. E3S Web of Conferences, 74, 1–6. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20187408015
Inawati, I., Setiawan, S., & Prasetyawan,
A. (2023). Keterampilan literasi informasi pustakawan Universitas Negeri Malang dalam implementasi layanan berbasis inklusi sosial. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 19(1), 83–95. https://doi.org/10.22146/bip.v19i1.5816
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. [Wiedarti, P., & Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah]
Mangvwat, S. E., & Meshak, V. J. (2022).
Enhancing Literacy Development in Nigeria through Reading and Writing Skills Development. Journal of Education and Practice, 6(1), 48–59. https://doi.org/10.47941/jep.865
Naibaho, K. (2017). Menciptakan
generasi literat melalui perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 274–282.
Nasihah, F., & Tabroni, I. (2022).
Fostering Literacy Culture through Reading and Writing Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(8), 779–792. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i8.1817
Mujahidin, I. A., S, D., & Toharudin, M.
(2022). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN Sawojajar 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 182–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.7165714
Ningsih, L. S., & Sayekti, R. (2023). Peran
perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi di kalangan masyarakat: sebuah systematic literature review. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(2), 141–156.
Zurkowski, P. G. (1974). The information
service enviroment relationships and priorities. National Commission on Libraries and Information Science, 1–30. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED100391.pdf
Republik Indonesia. (2007). Undang-
Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/UU_No._43_Tahun_2007_tentang_Perpustakaan_.pdf
Wijatiningsih, D., & Zulaikha, S. R. (2020).
Kualitas Kepemimpinan Bagi Masa Depan Perpustakaan Umum. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.19109/tadwin.v1i2.6051
Rahmawati, N. A. (2019). Urgensi Kelas
Literasi Informasi Bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Perpustakaan, 10(1), 55–60.
Yusup, P. M., & Saepudin, E. (2017).
Praktik Literasi dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(1), 79–94.
Published
2025-08-09
How to Cite
WAHYUNI, Kadek Lianna Sri; SUHARTIKA, I Putu; HARYANTI, Ni Putu Premierita. ANALISIS LITERASI INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS WARMADEWA. Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15-26, aug. 2025. ISSN 2827-9107. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/d3perpus/article/view/130369>. Date accessed: 14 oct. 2025.
Section
Articles