Pemberian Perasan Bahan Antimikroba Alami dan Lama Penyimpanan pada Suhu Kulkas (5oC) terhadap Jumlah Bakteri Coliform pada Daging Babi

  • Luh Made Destriyana
  • Ida Bagus Ngurah Swacita
  • I Nengah Kerta Besung

Abstract

Pemberian perasan bahan antimikroba alami dan lama penyimpanan pada suhu kulkas (5oC) berpengaruh terhadap jumlah bakteri Coliform pada daging babi karena salah satu cara untuk menjaga kualitas pangan adalah dengan menambahkan bahan aditif berupa zat antimikroba dalam bentuk rempah – rempah dan penyimpanan daging pada suhu dingin dapat menurunkan kemampuan bakteri untuk memperbanyak diri. Sepuluh gram daging direndam dengan perasan antimikroba selanjutnya dihitung jumlah bakteri Coliform dengan metode sebar. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial 4x4, dengan 4 faktor perlakuan (kontrol, kunyit, jahe, dan bawang putih) dan 4 faktor lama penyimpanan (0, 3, 5, dan 7 hari). Selanjutnya data yang diperoleh diuji dengan  Analisis Ragam (Uji F)  dan dilanjutkan dengan Uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasan alami dari bawang putih sangat nyata (P<0,01) menurunkan jumlah bakteri Coliform dibandingkan perasan dari jahe, kunyit, dan kontrol (direndam dalam NaCl). Lama penyimpanan menunjukkan bahwa semakin lama penyimpanan pada suhu kulkas maka semakin meningkat secara sangat nyata (P<0,01) terhadap pertumbuhan bakteri Coloform. Terdapat interaksi yang sangat nyata (P<0,01) antara pemberian bahan antimikroba alami dengan lama penyimpanan pada suhu kulkas (5oC) terhadap penurunan jumlah bakteri Coliform pada daging babi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Luh Made Destriyana
Mahasiswa FKH Universitas Udayana
Ida Bagus Ngurah Swacita
Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner FKH Universitas Udayana
I Nengah Kerta Besung
Laboratorium Mikrobiologi FKH Universitas Udayana
Published
2013-08-19
How to Cite
DESTRIYANA, Luh Made; SWACITA, Ida Bagus Ngurah; BESUNG, I Nengah Kerta. Pemberian Perasan Bahan Antimikroba Alami dan Lama Penyimpanan pada Suhu Kulkas (5oC) terhadap Jumlah Bakteri Coliform pada Daging Babi. Buletin Veteriner Udayana, [S.l.], aug. 2013. ISSN 2477-2712. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/buletinvet/article/view/7197>. Date accessed: 04 dec. 2020.
Section
Articles

Keywords

Coliform, Curcuma domestica, Zingiber Officinale, Allium sativum L., daging babi

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>