FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASING POWER PARITY MATA UANG NEGARA EMERGING MARKET ASEAN

  • Sucia Cia Azwenda Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang
  • Alpon Satrianto Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait pengaruh inflasi, investasi asing langsung dan net ekspor terhadap purchasing power parity mata uang negara Emerging Market ASEAN. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari World Bank, pada periode 2004-2019 di negara Emerging Market ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Variabel penelitian ini dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Pada penelitian ini variabel bebas terdiri dari inflasi, investasi asing langsung dan net ekspor. Sedangkan purchasing power parity ditetapkan sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan metode Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap purchasing power parity negara Emerging Market ASEAN. Artinya naik turunnya inflasi berdampak terhadap naik turunnya purchasing power parity negara Emerging Market ASEAN. Sedangkan investasi asing langsung dan net ekspor berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap purchasing power parity negara Emerging Market ASEAN.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-08
How to Cite
AZWENDA, Sucia Cia; SATRIANTO, Alpon. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASING POWER PARITY MATA UANG NEGARA EMERGING MARKET ASEAN. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 95-106, feb. 2023. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/94670>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BSE.2023.v28.i01.p09.
Section
Articles