PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PENGAWAS SEKOLAH

  • Domingos Belo Soares Fakultas Ekonomi , Universitas Udayana, Bali
  • Gede Riana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Berbagai bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk pengembangan sumber daya manusia adalah bagaimana memperbaiki kesejahteraan dan kemampuan karyawan dengan kompensasi dan kompetensi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompensasi, dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap  kinerja  pengawas sekolah  pada Direção Inspeção Geral di Kementrian Pendidikan Timor Leste. Pendekatan adalah menggunakan data dari pengedaran survey kuesioner di Direção Inspeção Geral di Kementrian Pendidikan Timor Leste. Populasi  dalam penelitian  ini  adalah seluruh pengawas sekolah berjumlah 65 orang, sedangkan analisis yang digunakan dengan menggunkan analisis regresi linier berganda untuk melihat pengaruh antar varibel dependen dan varibel independen data diolah dengan bantuan perangkat lunak SPSS 17.0 (Statistical Package for Social Science). Hasil analisis secara simultan variabel kompensasi, dan kompetensi mempunyai pengaruh terhadap kinerja pengawas sekolah, secara parsial kompensasi mempunyai pengarui terhadap kinerja pengawas sekolah, sedangkan kompetensi tidak berpengaruh terhadap kinerja pengawas sekolah. Hasil tersebut tidak sesuai dengan hipotesis dan penelitian terdahulu bahwa variable kompensasi dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Untuk itu penelitian selanjutnya perlu menanbah variable lain dalam variable independent.


Kata Kunci: Kompensasi, Kompetensi, Kinerja Pengawas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-23
How to Cite
SOARES, Domingos Belo; RIANA, Gede. PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PENGAWAS SEKOLAH. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 154-170, mar. 2019. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/47612>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BSE.2018.v23.i02.p01.
Section
Articles