PENGARUH PROFITABILITAS PADA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Wayan Rusmana Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali
  • Anak Agung Ngurah Bagus Dwirandra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dari profitabilitas pada pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dengan good corporate governance (GCG) dan leverage sebagai variabel pemoderasi. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dengan Moderated Regression Analysis (MRA) dan telah lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh positif pada pengungkapan CSR, namun komposisi komisaris independen tidak berpengaruh pada pengungkapan CSR, sementara hasil uji interaksi menunjukkan bahwa komposisi komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR dan diklasifikasikan sebagai homologiser moderasi (moderasi potensial), sedangkan leverage mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR dan diklasifikasikan sebagai quasi moderasi (moderasi semu).


 


Kata Kunci: Profitabilitas, Komposisi Komisaris Independen, Leverage, Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-24
How to Cite
PUTRI, Wayan Rusmana; DWIRANDRA, Anak Agung Ngurah Bagus. PENGARUH PROFITABILITAS PADA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 46-60, feb. 2019. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/47061>. Date accessed: 16 apr. 2024.