PENGARUH PROFITABILITAS PADA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dari profitabilitas pada pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dengan good corporate governance (GCG) dan leverage sebagai variabel pemoderasi. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dengan Moderated Regression Analysis (MRA) dan telah lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh positif pada pengungkapan CSR, namun komposisi komisaris independen tidak berpengaruh pada pengungkapan CSR, sementara hasil uji interaksi menunjukkan bahwa komposisi komisaris independen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR dan diklasifikasikan sebagai homologiser moderasi (moderasi potensial), sedangkan leverage mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh profitabilitas pada pengungkapan CSR dan diklasifikasikan sebagai quasi moderasi (moderasi semu).
Kata Kunci: Profitabilitas, Komposisi Komisaris Independen, Leverage, Pengungkapan Corporate Social Responsibility