KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KOMPENSASI MANAJEMEN DAN KARAKTER EKSEKUTIF TERHADAP RISIKO PADA TAX AVOIDANCE

  • I Made Dwi Sumba Wirawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali
  • Made Gede Wirakusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali

Abstract

Taxaavoidance yang dilakukan oleh perusahaan tentunya dilakukanadengan adanya kebijakanadari pimpinanaperusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kompensasi manajemen dan karakter eksekutif terhadap risiko pada tax avoidance, serta kemampuan kepemilikan manajerial memoderasi pengaruh kompensasi manajemen dan karakter eksekutif terhadap risiko pada tax avoidance. Jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 176 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama lima tahun. Metode penentuan sampel adalah nonprobability dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompensasi manajemen berpengaruh negatif pada tax avoidance. Namun karakter eksekutif terhadap risiko tidak berpengaruh pada tax avoidance. Kepemilikan manajerial memperkuat kompensasi manajemen pada tax avoidance. Namun, kepemilikan manajerial tidak memoderasi pengaruh karakter eksekutif terhadap risiko pada tax avoidance.


Kata kunci : tax avoidance, kompensasi, karakter eksekutif, kepemilikan manajerial

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-24
How to Cite
WIRAWAN, I Made Dwi Sumba; WIRAKUSUMA, Made Gede. KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KOMPENSASI MANAJEMEN DAN KARAKTER EKSEKUTIF TERHADAP RISIKO PADA TAX AVOIDANCE. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 17-31, feb. 2019. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/47059>. Date accessed: 19 apr. 2024.