ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) PADA PEMERINTAH PROVINSI BALI

  • A.A.Ayu Mas Suryaningrat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali
  • I Made Suyana Utama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali

Abstract

Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) merupakan salah satu bentuk penerapan E-Government dalam rangka mendorong pemerintah daerah untuk menerapkan pengelolaan keuangan yang bersih, efektif dan efisien sesuai konsep value for money yang diamanatkan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003. Pemerintah Provisi Bali menerapkan SIPKD dalam pengelolaan keuangan daerah sejak tahun 2010 untuk mendapatkan pengelolaan keuangan yang transparan, efektif dan efisien serta laporan pertangungjawaban keuangan yang akuntabel dan auditabel.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) pada Pemerintah Provinsi Bali dengan menggunakan analisis SEM Partial Least Square PLS 3.0. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel yang dipergunakan adalah 96 responden yang diambil dari 32 OPD pada Pemerintah Provinsi Bali.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SIPKD pada Pemerintah Provinsi Bali adalah efektif. Kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan kualitas SDM secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna SIPKD pada Pemerintah Provinsi Bali. Kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan Kepuasan Pengguna berpengaruh positif signifikan terhadap manfaat bagi organisasi. Kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap manfaat bagi organisasi melalui kepuasan pengguna.


 


Kata kunci : Efektivitas, E-Government, Value for Money, SIPKD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-24
How to Cite
SURYANINGRAT, A.A.Ayu Mas; UTAMA, I Made Suyana. ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) PADA PEMERINTAH PROVINSI BALI. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 1-16, feb. 2019. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/47058>. Date accessed: 28 mar. 2024.