PERAN LOYALTY TO SUPERVISOR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN ETIS TERHADAP KEPUASAN KERJA (STUDI PADA PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE DI DENPASAR)

  • I Putu Eka Binawa
  • Agoes Ganesha Rahyuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Pertumbuhan toko ritel tidak lepas dari kinerja dan produktivitas sumber daya manusia. Kepuasan kerja adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dan produktivitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan etis terhadap kepuasan kerja dengan loyalty to supervisor sebagai pemediasi. Penelitian ini dilakukan di PT. Matahari Departement Store Duta Plaza Denpasar. Jumlah sampel diambil sebanyak 110 karyawan. Metode yang digunakan sampling jenuh. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis jalur (path) disertai uji Sobel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kepemimpinan etis dan loyalty to supervisor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Selain hal tersebut, loyalty to supervisor secara signifikan mampu memediasi pengaruh antara kepemimpinan etis dan kepuasan kerja. Hasil ini mengindikasi bahwa loyalty to supervisor memiliki peranan penting dalam kepemimpinan etis yang diterapkan oleh perusahaan karena akan berdampak pada meningkatnya kepuasan kerja karyawan itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-11
How to Cite
BINAWA, I Putu Eka; RAHYUDA, Agoes Ganesha. PERAN LOYALTY TO SUPERVISOR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN ETIS TERHADAP KEPUASAN KERJA (STUDI PADA PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE DI DENPASAR). Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 149-159, dec. 2017. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/29096>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Keywords

kepemimpinan etis, loyalty to supervisor, kepuasan kerja