PENGARUH JOB ENLARGEMENT DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DI KANTOR WILAYAH DJKN BALI DAN NUSA TENGGARA SERTA KPKNL DENPASAR

  • Bonifacius Nugroho Anindhito Kementerian Keuangan Republik Indonesia DJKN Bali dan Nusa Tenggara
  • I Wayan Gede Supartha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
  • Putu Saroyeni Piartrini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia

Abstract

Abstrak: Pengaruh Job Enlargement terhadap Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja. Tujuanpenelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh job enlargement dan motivasi kerja terhadap kepuasankerja di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Bali (DJKN) dan Nusa Tenggara danKantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Denpasar. Penelitian ini dilakukan dengan mengambilresponden sebanyak 99 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisisdata yang dipergunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan program SPSS 15.0 forWindows. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda terbukti bahwa job enlargement dan motivasikerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai di KantorWilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara dan KPKNL Denpasar. Hasil penelitian ini adalah motivasi kerjaberpengaruh dominan terhadap kepuasan kerja adalah motivasi kerja.

 

Kata kunci : job enlargement, motivasi kerja, kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-23
How to Cite
NUGROHO ANINDHITO, Bonifacius; GEDE SUPARTHA, I Wayan; SAROYENI PIARTRINI, Putu. PENGARUH JOB ENLARGEMENT DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DI KANTOR WILAYAH DJKN BALI DAN NUSA TENGGARA SERTA KPKNL DENPASAR. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], july 2016. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/22302>. Date accessed: 07 mar. 2021.

Keywords

job enlargement, motivasi kerja, kepuasan kerja