PERAN MEDIA EXPOSURE BAGI PASAR MODAL INDONESIA
Abstract
Abstrak : Peran Media Exposure Bagi Pasar Modal Indonesia. Proses pengambilan keputusan investasiyang dilakukan oleh para investor selalu memperhatikan pengungkapan tanggung jawab sosialperusahaan. Pada penelitian ini seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI dimasukkan sebagai populasidengan tahun pengamatan 2011-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplingdan diperoleh 31 perusahaan dengan tiga tahun pengamatan sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak93. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan cara mengunduh annual report perusahaan terkategorihigh-profile dan low-profile. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitianini adalah umur perusahaan berpengaruh signifikan pada reaksi pasar dalam luas pengungkapan CSR,Media Exposure tidak berpengaruh pada reaksi pasar, Luas pengungkapan CSR berpengaruh negatifpada reaksi pasar, dan terdapat perbedaan rata-rata luas pengungkapan CSR perusahaan terkategorihigh-profile dan low-profile.
Kata kunci: umur perusahaan, media exposure, corporate social responsibility, industry profile, reaksipasar