PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

  • Made Arie Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)
  • Ni Ketut Rasmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD), Bali Indonesia

Abstract

Abstrak : Pengaruh Mekanisme Corporate Governance pada Pengungkapan Modal Intelektual.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme Corporate Governance padapengungkapan modal intelektual. Mekanisme Corporate Governance diproksi dengan komisarisindependen, konsentrasi kepemilikan, dan komite audit dan menggunakan profitabilitas sebagai variabelkontrol. Modal intelektual diukur dengan menggunakan indeks yang terdiri dari 25 item pengungkapan.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Annual Report perusahaan manufaktur yang terdaftarpada tahun 2008-2013 di BEI. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, dan yang memenuhikriteria sebanyak 96 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasilanalisis menunjukkan bahwa komisaris independen dan komite audit berpengaruh positif padapengungkapan modal intelektual, sedangkan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh padapengungkapan modal intelektual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan perencanaanstrategis, pengawasan manajemen dan pengawasan operasional dalam menerapkan praktik-praktikpengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

 

Kata kunci: pengungkapan modal ntelektual, komisaris independen, konsentrasi kepemilikan dan komiteaudit

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-23
How to Cite
ARIE WAHYUNI, Made; RASMINI, Ni Ketut. PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], july 2016. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/22298>. Date accessed: 07 mar. 2021.

Keywords

pengungkapan modal ntelektual, komisaris independen, konsentrasi kepemilikan dan komiteaudit