PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI MELALUI VARIABEL MEDIASI MOTIVASI

  • Ria Dwi Ariyanarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajayana Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Rosidi Rosidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajayana Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Navi Muda Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajayana Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Reformasi terhadap kualitas pegawai (sumber daya manusia) merupakan bagian dari reformasi pemerintahan dalam rangka mengarah pada pencapaian good governance. Upaya yang dapat dilakukan melalui sistem manajemen kinerja, yang tidak hanya pada staf akan tetapi menyeluruh dari pegawai jajaran kepemimpinan sampai dengan pegawai pada tingkat operasional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung pelatihan dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja melalui motivasi sebagai variabel mediasi pada pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif eksplanatory. Responden dalam penelitian ini adalah semua pegawai yang berjumlah 52 di ambil secara sensus/ sampling jenuh, menggunakan Analisis statistik yaitu SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan tidak pengaruh terhadap motivasi, pengembangan karir berpengaruh terhadap motivasi, motivasi dan pengembangan karir berpengaruh terhadap produktivitas kerja, pelatihan tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja, motivasi tidak dapat memediasi pengaruh pelatihan terhasap produktivitas kerja, dan motivasi dapat memediasi pengaruh pengembangan karir terhadap produktivitas kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-24
How to Cite
ARIYANARTI, Ria Dwi; ROSIDI, Rosidi; MUDA, Navi. PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI MELALUI VARIABEL MEDIASI MOTIVASI. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 66-78, feb. 2025. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/121371>. Date accessed: 10 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/BSE.2025.v30.i01.p06.
Section
Articles