PERAN AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MEREK

  • Mochamad Nurhadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Jawa Timur, Indonesia
  • Hanif Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Jawa Timur, Indonesia
  • Ronny Ronny Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis model struktural pemasaran media sosial dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui loyalitas, kepercayaan, dan kesadaran merek pada produk UKM Kopi Kenangan di Indonesia. Populasi penelitian melibatkan pelanggan Kopi Kenangan di kota-kota besar, dengan data dikumpulkan dari 157 responden melalui kuesioner Google Form menggunakan teknik purposive sampling. Variabel diukur dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM melalui evaluasi model pengukuran dan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial tidak secara langsung meningkatkan loyalitas merek pada UKM Kopi Kenangan di Indonesia. Peran kesadaran merek dan citra merek dalam memediasi pengaruh aktivitas pemasaran di media sosial dalam meningkatkan loyalitas merek sangat besar. Aktivitas pemasaran di media sosial memiliki pengaruh pada kesadaran merek, citra merek, dan kepercayaan merek. Demikian juga dengan kesadaran merek dan citra merek memiliki berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, namun kepercayaan merek tidak memengaruhi loyalitas merek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-24
How to Cite
NURHADI, Mochamad; RAMADHANI, Hanif; RONNY, Ronny. PERAN AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MEREK. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 37-49, feb. 2025. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/121332>. Date accessed: 10 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/BSE.2025.v30.i01.p04.
Section
Articles