PERAN AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MEREK
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis model struktural pemasaran media sosial dalam meningkatkan loyalitas pelanggan melalui loyalitas, kepercayaan, dan kesadaran merek pada produk UKM Kopi Kenangan di Indonesia. Populasi penelitian melibatkan pelanggan Kopi Kenangan di kota-kota besar, dengan data dikumpulkan dari 157 responden melalui kuesioner Google Form menggunakan teknik purposive sampling. Variabel diukur dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM melalui evaluasi model pengukuran dan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial tidak secara langsung meningkatkan loyalitas merek pada UKM Kopi Kenangan di Indonesia. Peran kesadaran merek dan citra merek dalam memediasi pengaruh aktivitas pemasaran di media sosial dalam meningkatkan loyalitas merek sangat besar. Aktivitas pemasaran di media sosial memiliki pengaruh pada kesadaran merek, citra merek, dan kepercayaan merek. Demikian juga dengan kesadaran merek dan citra merek memiliki berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, namun kepercayaan merek tidak memengaruhi loyalitas merek.