ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TIKTOK TERHADAP MINAT BELI GENERASI Z MELALUI KEYAKINAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Devina Emmanuella Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Indonesia
  • Chandra Kuswoyo Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Indonesia

Abstract

Dalam dunia pemasaran ini, media sosial TikTok menjadi wadah bagi influencer untuk merekomendasikan suatu produk atau jasa dengan kredibilitas yang dimilikinya, supaya pengikut khususnya generasi Z yakin terhadap minat beli. Penelitian ini bertujuan menganalisa dan memastikan mengenai peran kredibilitas yang dimiliki influencer terhadap keyakinan para generasi Z dan mengetahui ada atau tidak peran mediasi di antara kredibilitas influencer terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan di kota Bandung Raya dengan jumlah sampel yang digunakan 212 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur dan uji Sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keahlian dan kesamaan tidak berpengaruh terhadap keyakinan, lalu keandalan dan kesamaan tidak berpengaruh terhadap minat beli, maka dari itu tidak dapat diuji lebih lanjut. Pada penelitian ini keyakinan hanya memediasi hubungan antara rasa dapat dipercaya terhadap minat beli. Implikasi pada TikTok melalui penelitian ini dapat memberikan edukasi kembali kepada para audiens dalam pemilihan influencer yang tepat dan brand dapat mempertimbangkan kembali kredibilitas yang dimiliki influencer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-24
How to Cite
EMMANUELLA, Devina; KUSWOYO, Chandra. ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TIKTOK TERHADAP MINAT BELI GENERASI Z MELALUI KEYAKINAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Buletin Studi Ekonomi, [S.l.], p. 50-65, feb. 2025. ISSN 2580-5312. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/117181>. Date accessed: 10 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/BSE.2025.v30.i01.p05.
Section
Articles