ASOSIASI MAKROZOOBENTOS PADA PADANG LAMUN DI PANTAI MERTA SEGARA SANUR, BALI

  • Gede Surya Indrawan Program Studi Fakultas MIPA Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Bali
  • Deny Suhernawan Yusup Program Studi Fakultas MIPA Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Bali
  • Devi Ulinuha Program Studi Fakultas MIPA Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Bali

Abstract

Makrozoobentos merupakan salah satu komunitas organisme dasar perairan yang berasosiasi dengan ekosistem lamun. Penelitian ini bertujuan mengetahui asosiasi makrozoobentos dengan kepadatan padang lamun dan tipe sedimen di Pantai Merta Segara. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober-Desember 2013 pada waktu surut terendah.
engambilan sampel dilakukan dengan metode transek kuadrat yang terdiri dari 3 transek dan dibentangkan sepanjang 300 m dengan interval antar transek 50 m. Hasil penelitian diperoleh Indeks diversitas (H’) 4,7 dan Indeks keseragaman (E) 0,85, mengindikasikan bahwa kawasan tersebut tergolong stabil. Jumlah jenis ditemukan 47 jenis dalam 9 kelas, dengan spesies yang mendominansi Eurythoe sp. (Polychaeta), dan nilai indeks dominansi (C) 0,05. Presentase tutupan lamun rata-rata sebesar 51,10 %, sedangkan tipe sedimen di dominansi oleh koarsa dan pasir kasar. Sebaran makrozoobentos menunjukkan adanya asosiasi dengan kepadatan tutupan lamun dan tipe sedimen gravel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-06-01
How to Cite
SURYA INDRAWAN, Gede; YUSUP, Deny Suhernawan; ULINUHA, Devi. ASOSIASI MAKROZOOBENTOS PADA PADANG LAMUN DI PANTAI MERTA SEGARA SANUR, BALI. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 20, n. 1, june 2016. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/24944>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Keywords

asosiasi, makrozoobentos, padang lamun, sedimen