KEKAYAAN SPESIES BURUNG DI WILAYAH DESA BUAHAN, KECAMATAN KINTAMANI, KABUPATEN BANGLI DAN DI HUTAN HUJAN DATARAN TINGGI SEKITARNYA

  • I Kadek Teguh Indra Dewantara
  • Ni Luh Watiniasih
  • I Nengah Nuyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekayaan spesies burung di Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Desa buahan adalah desan dengan habitat permukiman penduduk dan habitat hutan hujan dataran tinggi. Penelitian dilakukan dari bulan November 2013 hingga Januari 2014. Pengamatan dilakukan pada dua periode waktu, pagi hari pukul 06.00-08.00 WITA dan sore hari pukul 15.00-17.00 WITA. Penelitian dilakukan dengan metode jelajah yaitu dengan mencatat 10 jenis burung teramati tanpa mencatat populasinya pada satu lokasi pada satuan waktu tertentu. Jalur pengamatan pada kedua habitat tersebut masing-masing berjarak Ā±2 km. Dua puluh delapan jenis burungĀ  ditemukan pada kedua habitat tersebut, dimana pada hutan hujan ditemukan dua kali lipat lebih banyak spesies burung (24 spesies) dibandingkan dengan pemukiman penduduk (12 spesies). Penelitian ini juga menemukan 3 spesies yang merupakan jenis burung migran dan 6 spesies burung yang dilindungi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-06-01
How to Cite
DEWANTARA, I Kadek Teguh Indra; WATINIASIH, Ni Luh; NUYANA, I Nengah. KEKAYAAN SPESIES BURUNG DI WILAYAH DESA BUAHAN, KECAMATAN KINTAMANI, KABUPATEN BANGLI DAN DI HUTAN HUJAN DATARAN TINGGI SEKITARNYA. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 19, n. 1, june 2015. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/16502>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Keywords

kekayaan spesies, permukiman penduduk, hutan hujan dataran tinggi