PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GCG PADA KINERJA KEUANGAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA KABUPATEN GIANYAR BALI

  • Kadek Krismaya Dewi
  • IGA M. Asri Dwijaputri

Abstract

ABSTRAK

Prinsip GCG yang terdiri dari transparency, accountability, responsibility, indepedency, dan fairness merupakan dasar dari tata kelola perusahaan yang baik, dimana penerapannya diharapkan mampu dijadikan pedoman dalam mengelola manajemen perusahaan yang baik dengan memperhatikan kepentingan stakeholders. Lembaga Perkreditan Desa juga perlu menerapkan prinsip GCG untuk meningkatkan kinerjanya atau meraih predikat “Sehat” yang diberikan melalui analisis rasio CAMEL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan pada LPD di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, yaitu metode survei dengan teknik kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 73 LPD dan masing-masing diambil satu responden dari tiap LPD yang terdapat di Kabupaten Gianyar. Penentuan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS. Sebelum melakukan analisis regresi linear sederhana, dilakukan pengujian instrumen penelitian dan uji asumsi klasik untuk keakurasian hasil analisis regresi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa good corporate governance berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan LPD di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Kata kunci: prinsip-prinsip good corporate governance, kinerja keuangan, CAMEL.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-10
How to Cite
DEWI, Kadek Krismaya; DWIJAPUTRI, IGA M. Asri. PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GCG PADA KINERJA KEUANGAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA KABUPATEN GIANYAR BALI. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 559-573, june 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/9063>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles