KEMAMPUAN CORPORATE GOVERNANCE MEMODERASI PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR PADA NILAI PERUSAHAAN

  • Made Norisa Astiyani
  • Ida Bagus Putra Astika

Abstract

ABSTRAK

CSR merupakan bentuk kewajiban perseroan untuk ikut serta dalam pembangunan ekonomi secara berkelanjutan. CSR dipercaya memiliki peran yang strategis bagi nilai perusahaan. Berbagai penelitian pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan memperoleh hasil yang beragam. Berdasarkan hasil tersebut diduga terdapat suatu variabel moderasi yang dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR pada nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengungkapan CSR (CSRI) berpengaruh pada nilai perusahaan (PBV) dan apakah Corporate Governance (CGPI) mampu memoderasi pengaruh pengungkapan CSR (CSRI) pada nilai perusahaan (PBV).

Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahun 2009-2012. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 26 perusahaan. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan Moderated Regression Analysis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR (CSRI) berpengaruh pada nilai perusahaan (PBV) dan Corporate Governance (CGPI) mampu memoderasi pengaruh pengungkapan CSR (CSRI) pada nilai perusahaan (PBV).

Kata kunci: corporate governance, pengungkapan CSR, nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-10
How to Cite
ASTIYANI, Made Norisa; ASTIKA, Ida Bagus Putra. KEMAMPUAN CORPORATE GOVERNANCE MEMODERASI PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR PADA NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 235-249, apr. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8815>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles