PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HOTEL

  • I Putu Adi Putra Sanjaya

Abstract

ABSTRAK

Pembangunan nasional pada dasarnya diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat.Dalam pembangunan nasional perlu pembiayaan pembangunan baik dalam negeri maupun luar negeri.Penerimaan pajak dalam negeri merupakan sumber pendanaan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran dan untuk mengatasi masalah sosial. Pajak hotel Kota Denpasar merupakan pajak yang paling besar penerimaannya dibandingkan pajak-pajak yang lainnya.Untuk pajak hotel di Kota Denpasar diatur dalam Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 5 Tahun 2011.Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik, yang diolah menggunakan program SPSS for windows versi 15.0.Berdasarkan hasil analisis, kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak hotel di Dinas Pendapatan Kota Denpasar dengan nilai thitung masing-masing sebesar 3,043; 3,365 dan 3,755 serta memiliki nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,003;0,001 dan 0,000.

Kata Kunci: faktor-faktor kepatuhan wajib pajak

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-10
How to Cite
SANJAYA, I Putu Adi Putra. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HOTEL. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 207-222, apr. 2014. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/8656>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles