Motivasi, Biaya, Dan Lama Pendidikan dan Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Melanjutkan Pendidikan Magister Akuntansi
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of motivation, education costs, and length of education on the interest of accounting students to continue their Masters in Accounting Education during the covid-19 pandemic. The research was conducted at the Faculty of Economics and Business, Udayana University. The total population is 535 students and the number of samples is 85, with non-probability sampling method using purposive sampling technique. Data was collected by means of a questionnaire. The data collected were analyzed using multiple linear regression analysis techniques. The results showed that quality, career, and economic motivation had a positive effect, while the cost of education and length of education had a negative effect on the interest of accounting students to continue their Master of Accounting Education during the COVID-19 pandemic.
Keywords: Motivation; Education Cost; Length of Education; Interest in Continuing Master in Accounting.
Downloads
References
Aryani, N. P. D., & Erawati, N. M. A. (2016). Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir, Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 362–384.
Atmadja, A. T. A., Pujawan, T., Wiguna, I. G. N. H., & Savitri, N. L. A. (2017). Minat Mahasiswa Program S1 Akuntansi dalam Menempuh Program Magister Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Proceeding TEAM, 2, 412. https://doi.org/10.23887/team.vol2.2017.187
Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 447–476.
Defitri, S. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Karir dan Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Minat untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 1(01), 87–97. https://doi.org/10.36665/jusie.v1i01.10
Denziana, A., & Febriani, R. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi & Keuangan, 8(2), 56–66. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf
Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Pamator Journal, 13(1), 30–43. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7001
Hariyanto, R. T. (2019). Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2016 ).
Hasanah, A. A. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan Pengetahuan Tentang Akuntan Publik (AP) Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk. Jurnlah Ilmiah Akuntansi, 12(1), 21-32.
Ilmiha, J., & Syafrizal. (2017). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi. E-Jurnal Akuntansi, 4(3), 56–64.
Kusuma, M. (2016). Minat Mahasiswa Akuntansi Di Kediri Menjadi Akuntan Profesional Bersertifikat (Ak, Cpa, Cma, Ca & Bkp) Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Cendekia Akuntansi, 4(1), 27–43.
Minarti, A. (2018). Pengaruh Persepsi, Motivasi Dan Fasilitas Kampus Terhadap Minat Mahasiswa Studi Lanjut Ke Strata Dua (S2) Studi Pada Stie Lamappapoleonro Soppeng. Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen Dan Akuntansi”, 1, 11–17.
Pambudi, E. R. (2017). Pengaruh Motivasi, Lama Pendidikan, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris Pada Universitas Sebelas Maret).
Pradifta, R. M., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program Pascasarjana Magister Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Akuntansi Universitas Islam Malang). E-Jra, 10(09), 13–24.
Resmi, S. S. (2017). Pengaruh Motivasi, Lama Pendidikan, Biaya Pendidikan, Kompetensi, Dan Reputasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). In Jurnal Dunia Kesmas (Vol. 6).
Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51–63.
Setyaningsih, P. (2016). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–15. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/41436
Sumaryono. (2016). Pengujian Pengaruh Theory of Planned Behavior dan Tingkat Pemahaman Mengenai Chartered Accountant Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Mengambil Sertifikat Chartered Accountant. skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Surbakti, R. M. B. (2020). Pengaruh Motivasi Kualitas, Persepsi Biaya, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Melanjutkan Program Pascasarjana Akuntansi Pada Universitas Pembangunan Panca Budi Kota Medan. Universitas Pembangunan Panca Budi.
Surya B., I. G. A. D., & Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Magister Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 929. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i02.p06
Verawati, D. (2016). Pengaruh Motivasi, Akreditasi Prodi, Fasilitas Pendidikan, Konsentrasi Jurusan, Biaya Pendidikan Dan Reputasi Pendidik Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Magister Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Di Ums). 1–19.
Wardayanti, N. K., & Wirakusuma, M. G. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Magister Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1720. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p09
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.